Tugas PBO Pertemuan 3

Nathanael Valen Susilo - 5025231099
Source Code : https://github.com/Kirytsu/PBO-G/tree/main/Ticket%20Machine



Penjelasan Program Sederhana Ticket Machine




Setelah program dicompile dan dibuatkan instance baru pada BlueJ, maka pertama kita harus menentukan harga dari tiket yang akan dijual. Jika inputan bernilai nol atau negatif, maka program akan mengeluarkan message bahwa harga tiket tidak boleh negatif.


Jika harga tiket sudah sesuai (positif), maka instance akan terbuat. Di dalam instance, pengguna bisa mengecek harga tiket, saldo, atau bahkan pendapatan mesin untuk operator dengan mengakses accessor seperti getPrice() dan getBalance() yang ada di dalam program.



Pengguna juga bisa menambahkan saldo ke dalam mesin dengan mutator insertMoney(), mengubah kuantitas tiket yang ingin dipesan dengan chooseQuantity(), melakukan print tiket yang dibeli dengan printTicket() dan juga melakukan penarikan seluruh saldo yang tersisa.





Gambar di atas menunjukkan contoh pembelian di mana pengguna memasukkan saldo sebesar 130 dan melakukan print tiket sebanyak 5, kemudian saldonya yang tersisa 30 ditarik kembali.

Selain fungsi-fungsi di atas, terdapat juga beberapa pengecekkan untuk penambahan saldo dan juga print tiket. Saldo tidak akan diubah jika nilai yang dimasukkan negatif dan jika saldo tidak mencukupi saat melakukan pembelian tiket, maka akan dimunculkan pesan error ke pengguna di terminal.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Final Project PBO (Sudoku Game)

Tugas PBO Pertemuan 11

Tugas PBO Pertemuan 5